Jalan Rusak, Warga Harapkan Perbaikan

Posted by kampoeng pintar on 14.25 with 1 comment
MAGELANG - Jalan raya Kaliabu-Kajoran yang menghubungkan dua Kecamatan diKabupaten Magelang Jawa Tengah rusak. Hal ini dikeluhkan warga pengguna jalan yang setiap hari melewati jalan tersebut. Jalan yang rusak disebabkan beberapa faktor, antara lain aspal yang tipis dan drainase yang kurang. Ditambah lagi, over muatan yang tidak sesuai dengan konstruksi jalan.

Anis Widodo (33), salah seorang pengguna jalan mengatakan, ”Sudah lama jalan rusak, namun belum ada perbaikan dari pihak terkait. Harusnya dari pihak terkait segera tanggap, Karena jalan ini adalah akses utama yang menghubungkan beberapa desa di kecamatan kajoran dan salaman.” Ujarnya.

“Terlebih jalan yang melewati dusun gondangan Desa Banjaragung terlihat paling parah, di tambah lagi jalan yang menikung dan terdapat tanjakan yang curam membuat para pengguna jalan khawatir ketika melewati daerah tersebut.” Tambah Widodo.

Wahyudi, Kepala seksi Jalan Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Magelang mengatakan, “Untuk perbaikan jalan Kaliabu-Kajoran itu masuk dalam paket perbaikan jalan Kaliabu-Kajoran dan Kajoran-Kaliangkrik. Dan pada bulan April mendatang akan dimulai proses tender, kemudian sekitar bulan Juni-Juli mulai terealisasi . Dana yang disiapkan untuk proyek perbaikan jalan ini sekitar 2,6 Milyar Rupiah berasal dari Dana Alokasi Khusus ( DAK).” Katanya, ketika di temui di kantornya.

“Dari total dana 2,6 Milyar tersebut yakni 10 % nya, sekitar 267 Juta Rupiah digunakan untuk pendampingan dan pajak. Nantinya, masyarakat juga bisa terlibat dalam proyek tersebut menjadi pekerja lapangan dengan cara mendaftar pada pemborong yang nanti akan mengerjakan.”

“Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab kerusakan jalan, antara lain Over muatan yang tidak sesuai dengan konstruksi jalan, drainase yang tidak sesuai dan lain-lain.” Pungkasnya. (rfq)
Categories: