Warga Sambak Panik Karena Hujan Es dan Angin Kencang Disertai Petir

Posted by kampoeng pintar on 08.35 with No comments
KAB MAGELANG - Warga Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang tampaknya kudu terus waspada. Baru selang sehari hujan deras disertai angin kencang mengacak-acak Dusun Mulwo dan Dusun Sidosari di Desa Wuwuharjo, giliran Dusun Sambak II, Desa Sambak terkena dampak cuaca ekstrim.

Rumah-rumah penduduk di Dusun Sambak II dihujani es, Selasa (5/11/13) sekitar pukul 15.00 WIB. Yang bikin panik warga, hujan es tersebut juga dibarengi angin kencang dan kerasnya suara petir.

"Bunyi es yang jatuh di atap kedengaran jelas", kata Siti, warga RT 3 RW 2 Dusun Sambak II. Hujan es dan angin kencang yang berlangsung sekitar 20 menit itu, membuat genteng-genteng beberapa rumah melorot.

"Esnya sebesar kancing baju", kata Karnah, warga Dusun Sambak II lainnya. Setelah hujan dan angin berhenti, warga langsung membereskan atap-atap rumah mereka yang rusak.

Sehari sebelumnya, yakni pada Senin (4/11/13) sekitar pukul 15.00 WIB, hujan deras dan angin kencang merusak sedikitnya 70 rumah di Dusun Sidosari dan Dusun Mulwo, Desa Wuwuharjo, Kajoran.

Sebuah musholla di di RT 003 RW 01 Dusun Sidosari tertimpa dahan pohon duku. Selain banyak pohon tumbang, areal pertanian pun tak luput dari amukan angin yang disertai hujan deras itu. Aliran listrik padam.
Sebelumnya, Rabu (30/10/13) sore, angin puting beliung lebih dulu menyapu Kecamatan Kajoran, tepatnya di Dusun Gendol, Desa Sukomakmur. Lesus merusak sedikitnya 14 bangunan tempat tinggal warga. Tiga diantaranya rusak berat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang sudah jauh hari mengeluarkan peringatan, bahwa Kajoran merupakan salah satu kecamatan yang rawan terhadap bencana puting beliung, juga tanah longsor.

Selain Kajoran, bencana-bencana tersebut juga patut diwaspadai oleh warga yang bermukim di Kecamatan Kaliangkrik, Pakis, Borobudur, Bandongan, Salaman, Sawangan, Windusari dan Tempuran.