Tidak Ada Seleksi PPS

Posted by kampoeng pintar on 09.46 with No comments

Kota Mungkid - Dalam penyelenggaraan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2013, KPU Kabupaten Magelang memutuskan tidak akan membuka seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Jalan keluarnya, KPU Kabupaten Magelang melalui fasilitasi Pemda memohon bantuan kepala desa untuk menunjuk 3 orang calon PPS kepada KPU”, Kata Ahmad Majidun , MA, Ketua KPU Kabupaten Magelang selaku pemateri utama dalam forum Rakor Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kabupaten Magelang, di Ruang Bina Karya Setda Kabupaten Magelang, Selasa,  ( 13/11) .

Dalam rakor yang dibuka oleh Sekda Drs Utoyo dengan materi sosialisasi pemilu legislatif 2014 dan Pilgub Jateng 2013 ,  Ketua KPU Kabupaten Magelang menegaskan hal itu  tidak menyalahi ketentuan karena sesuai amanat UU No 15 tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu  pasal 44 yang menyebutkan bahwa  panitia pemungutan suara terdiri  tokoh masyarakat yang ditunjuk oleh kepala desa dan BPD.

“KPU Kabupaten Magelang akan membuat SK untuk PPS dan yang melantik adalah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)”, Imbuhnya.Selain efisiensi waktu, tidak ada dibukanya seleksi PPS juga terkait efisiensi anggaran.

29 Miliar
Sementara itu, dalam forum yang sama, Sekda Kabupaten Magelang, Drs Utoyo, menyampaikan Pemkab Magelang telah menetapkan anggaran sebesar Rp. 29 Miliar untuk penyelenggaraan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Magelang tahun 2013, untuk prediksi dua putaran.

“ Awalnya pemkab menyiapkan dana sekitar Rp. 22,5 Miliar. Namun karena ada usulan dari KPU untuk menambah dana hibah , maka ditetapkan Rp. 29 Miliar, yang dihimpun dari dana APBD selama 3 tahun mulai dari tahun 2010 hingga 2013 nanti”, Kata Utoyo dalam rapat yang diikuti oleh perwakilan seluruh SKPD ,  BUMN , BUMD dan Perguruan Tinggi di Kabupaten Magelang. (sumber: http://kpukabmagelang.com/371-no-pps )

Categories: