Menjelang panen, Sawah terkena longsor

Posted by kampoeng pintar on 20.32 with 1 comment
Magelang-Rabu malam 08/09/08 terjadi musibah longsor di Dusun Nerangan Desa Mangunrejo Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. Meskipun tidak menelan korban jiwa,tetapi menimbulkan kerugian materiil yakni sebagian lahan pertanian tertimbun tanah. Lokasi longsor tersebut jaraknya hanya beberapa meter dari jalan yang menghubungkan antara Desa Bumiayu dengan Desa Mangunrejo.

Musibah Longsor ini terjadi karena sore hari sebelumnya diguyur hujan setelah beberapa bulan tidak turun hujan. Longsor juga menyebabkan lahan pertanian tertimbun tanah. Lahan pertanian yang terkena longsor antara lain milik Sopiyah warga dusun nerangan,Prawito warga Dusun Nerangan,Ihwan warga Dusun Nerangan dan suryanto warga dusun sipragak Mangunrejo.

Bahkan menurut Sardi(40),warga dusun bugelan menuturkan” Sejak sore memang diguyur hujan, terus malamnya saya sempat mendengar gemuruh,tapi tidak tahu kalau itu longsor. Baru paginya saya kesawah ternyata longsor” ujarnya.
Wilayah kecamatan kajoran secara geografis memang berbukit-bukit dan banyak tanah yang labil di titik-titik tertentu. Jadi ketika musim penghujan tiba tanah yang tadinya kering dan retak kemudian terisi air sehingga menyebabkan longsor.
Tapi Menurut Suryanto (45) warga dusun sipragak Desa mangunrejo mengungkapkan”Sebenarnya hujannya tidak terlalu deras dibanding waktu-waktu sebelumnya,tapi memang cukup lama turunnya.
Suryanto,ketika ditemui di sawahnya yang juga terkena longsor menyebutkan” Tanah disekitar sini memang labil sehingga menyebabkan longsor”Tambahnya.
Meskipun lokasi longsor dengan pemukiman penduduk tidak terlalu jauh,tapi tidak menimbulkan korban jiwa. Letaknya yang memang dipersawahan membuat longsoran tanah tak terkendali. Longsoran tanah mencapai sekitar 100 meter kebawah. Lahan pertanian yang terkena longsor sebagian besar akan segera dipanen. Tapi apa mau dikata malang tak dapat ditolak,untung tak dapat diraih.(skpfm)


Categories: