Saatnya Rakyat Memilih Dengan Cerdas

Posted by kampoeng pintar on 21.39 with No comments
Pemilihan legislatif sebentar lagi datang, hiruk pikuk menyambut kedatangannya sudah cukup terlihat saat ini. Para calon legislatif mulai gencar menebar simpati ke masyarakat untuk mendapatkan dukungan. di satu sisi, rakyat memiliki kebebasan penuh untuk menentukan sendiri pilihannya. Mekanisme tersebut memang hendak menunjukkan bahwa rakyatlah yang memiliki kedaulatan di negeri ini.

Satu hal penting dalam pemilihan legislatif secara langsung adalah rakyat harus cerdas dalam menentukan pilihannya, rakyat harus selektif dalam memilih siapa yang akan menjadi wakilnya. kualitas calon legislatif harus menjadi pertimbangan utama bagi rakyat untuk menentukan pilihannya. Sembarangan dalam menentukan pilihan akan berdmpak buruk bagi masa depan bangsa karena mereka yang terpilih tersebut akan mengemban tugas berat dalam menyelesaikan segala permasalahan rakyat.
Berangkat dari itu semua, informasi yang lengkap dan objektif mengenai calon legislatif yang akan dipilih mutlak untuk dimiliki masyarakat sebagai pemilih. Jangan sampai masyarakat memilih kucing dalam karung alias memilih tanpa mengetahui kualitas dan kapasitas calon. Tidak dimungkiri jika para calon pun telah melakukan berbagai usaha untuk mengenalkan dirinya kepada masyarakat, namun semua itu masih sebatas perkenalan dengan implikasi rakyat hanya mengenali wajah calon dan slogan semata.
Ibarat membeli produk, mengetahui wajah dan slogan calon semata tidak ubahnya hanya mengetahui produk dari bungkus dan merk nya semata dan tidak mengetahui ada apa didalamnya. Untuk memilih dengan cerdas, rakyat harus tahu secara menyeluruh calon yang akan diipilih baik secara penampilan, sikap dan yang paling penting adalah kualitas dan kapasitas calon.
Radio komunitas SKP FM sebagai media komunikasi berbasis kerakyatan yang merupakan sebuah gerakan ditingkat akar rumput untuk keadilan informasi merasa ikut bertanggung jawab dalam memberikan pendidikan politik bagi rakyat. Untuk itulah kami menggagas adanya sebuah acara yang bisa menjembatani komunikasi antara masyarakat dengan para calon legislatif .
Program ”Rakyat Memilih” yang dilaksanakan oleh SKP FM dimulai pada minggu ini dan akan dilaksanakan seminggu sekali sampai bulan maret 2009. Dalam program ini selain mengupas seputar Pemilihan Umum (PEMILU) juga menghadirkan para Calon Legislatif untuk dialog langsung menyampaikan Visi dan Misinya kepada masyarakat



Categories: